Penyebab Bersin-bersin Ketika Melihat Matahari

Sebagian orang memiliki kecenderungan bersin-bersin ketika melihat cahaya matahari, meskipun kecenderungan ini tidak berlaku bagi semua orang namun menimbulkan banyak pertanyaan.

Dalam ilmu kedokteran kejadian ini disebut dengan Autosomal Dominant Compelling Helio-Opthalmic Outburst Syndrome atau ACHOO Syndrome. Atau bisa juga disebut dengan Photic Sneeze Reflex ialah sebuah gangguan pada seseorang ketika ia melihat cahaya terang secara tiba-tiba lalu bersin. Biasanya ketika melihat cahaya matahari, tetapi tidak menutup kemungkinan selain cahaya matahari juga cahaya dari kamera atau cahaya lampu yang sangat terang membuatnya jadi bersin-bersin.

life.viva.co.id

Faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah faktor keturunan. Sekitar 18% - 35% orang di dunia mengalami masalah ini.

Pada umumnya bersin terjadi ketika hidung terganggu kemudian syaraf mengirimnya ke otak yang kemudian dari otak diteruskan lagi ke hidung, mulut serta otot-otot. Namun pada Photic Sneeze Reflex saraf opitk akan mengirim sinyal yang salah dengan saraf trigeminal, dianggap sebagai saraf yang bertanggung jawab dalam proses bersin.

Beberapa ilmuan menganggap bahwa hal ini merupakan cacat bawaan, tetapi karena banyaknya orang yang bersin ketika melihat cahaya maka itu hanya varian alam.



sibyan Hallo... Terimakasih telah mampir, mari masuk... Saya kepengen jadi penulis, jadi saya kelola blog sederhana ini untuk latihan menulisnya. Jangan lupa tinggalkan jejak dikomentar ya, untuk memperbanyak tali persaudaraan. Have a nice day :)

1 Response to "Penyebab Bersin-bersin Ketika Melihat Matahari"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel