INILAH 5 TIPS UNTUK KAMU YANG LAGI NGEKOST

Mungkin sebagian orang memilih pergi dari kampung halamannya untuk sementara menjalani kehiduannya diperantauan, entah itu tujuannya untuk mengejar pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau apapun yang memang mengharuskan seseorang harus hijrah dari tempat asalnya menuju tempat perantauan.

Salah satu syarat hidup ditempat yang jauh nan asing, kostan adalah pilihan terbaik untuk bertahan hidup untuk sementara. Sebagai anak kost kita dituntut untuk memanage segala kebutuan kita mulai dari makan sampai peralatan mandi yang kita gunakan, tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menghemat pengeluaran agar tidak terlalu boros.

Naah berikut akan saya paparakan beberapa kehidupan dari pengalaman saya menjalani kehidupan di Kost-kostan

1. Gunakanlah Peralatan Mandi dengan Bijak!







Mandi merupakan salah satu kebutuhan primer kita sebagai manusia, dengan mandi badan akan menjadi lebih bersih dan lebih sehat. Tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah alat-alat mandi itu sendiri. Mungkin secara sadar atau tidak sadar kita sering menghambur-hamburkan peralatan mandi kita, contoh disaat kita menggosok gigi, kemudian ada sebagian pasta gigi kita yang jatuh ke lantai kamar mandi. Hal itu sebenarnya adalah pemborosan kecil, usahakan gunakan pasta gigi dengan benar. 

Kalaupun pasta gigi sudah mulai mau habis dan susah untuk dikeluarkan, sebenarnya kita masih bisa mengakalinya dengan cara dorong sedikit pasta gigi dari ujung bawah wadahnya, setelah dirasa cukup sampai ujung atasnya gulung-gulung ujung bagian bawahnya sampai ke atas. Cara ini bisa menghemat pengeluaran kita beberapa hari sampai pasta gigi yang kita gunakan benar-benar habis hingga tetes pasta terakhir.

Gunakan shampo yang sachet agar lebih murah dan irit. Shampo sachet bisa digunakan selama 2 hari, dengan cara pagi-pagi memakai 1/2 sachet dan sore tidak usah memakai shampo lagi kecuali jika benar-benar membutuhkan.
Selain itu, sabun batangan merupakan salah satu alternatif untuk anak kost, selain harganya terjangkau (itu juga kalau beli yang murah), pemakaiannya juga terbilang lebih awet dari sabun cair. Tapi yang terpenting bukan karena mahal atau murah melainkan lebih ke fungsi.

Boleh juga memakai pencuci muka jika perlu. pakailah yang murah tapi berkualitas.

2. Makanlah dengan Asupan Gizi yang Cukup!




Makanan tidak perlu yang mewah, asalkan bergizi dan mengenyangkan. Pagi-pagi kalau bisa jangan makan yang berat-berat, belilah minuman sereal dan susu. Bisa dibeli di warung-warung terdekat dengan harga yang murah. Ini akan membuat kita kenyang sampai waktunya makan siang.

Cari warung sederhana yang menjual makanan murah tapi sehat. Usahakan perbanyak makan sayuran hijau. Dengan menkonsumsi sayuran hijau tubuh kita akan terlindungi dari berbagai racun ditubuh karena terdapat kandungan vitamin-vitamin dalam sayuran. 

Kalau bisa masak nasi sendiri dan beli lauk yang cukup untuk dua kali makan (siang dan malam). 

Sekali-kali bolehlah makan mie instan jika keuangan anda memang menipis, sambil ditambah sayuran atau telur agar mie instan lebih enak dan sehat jika dikonsumsi.

Dan yang terpenting minumlah air minimal 2 liter perhari..

3. Konsumsi Buah-buahan!




Irit bukan berarti mengurangi asupan gizi, hanya mengatur pengeluaran agar tidak boros dengan tidak membeli kebutuhan yang kurang penting seperti aksesoris (menurut saya itu bisa disimpan didaftaran terakhir). 

Utamakan yang lebih penting dulu seperti mengkonsumsi buah-buahan. Belilah buah-buahan segar minimal tiga kali dalam seminggu. Biasanya banyak tukang buah-buahan yang menjual murah dagangannya, mulai dari lima ribu rupiah per kantong anda sudah bisa menikmati buah-buahan segar kaya akan vitamin. 

Mengkonsumsi buah-buahan sangat bermanfaat karena mengandung banyak vitamin dan mineral juga bebas kolesterol, bisa merangsang otak, mengandung banyak serat, sumber antioksidan, dan masih banyak lagi manfaat buah lainnya.

4. Gunakan Sim Card Paling Murah!




Hidup diperantauan yang jauh dari orang tua, kerabat, dan teman teman semasa kecil membuat kita susah untuk saling bercengkrama dan bercanda gurau. Tentu saja kita membutuhkan alat telekomunikasi untuk saling menyapa kerabat dan orang tua. 

Kartu SIM merupakan prasyarat jika kita ingin menggunakan telekomunikasi, maka pilihlah kartu yang sesuai dengan kondisi finansial. Jangan yang terlalu mahal asal bisa kirim 1000 SMS ke semua operator, itu sudah lebih dari cukup.

5. Manfaatkan Tempat yang Menyediakan Wifi Gratis




Bagi mahasiswa koneksi internet adalah syarat wajib yang harus ada, ketika mengerjakan tugas internet akan sangat dibutuhkan. 

Untuk itu, carilah tempat-tempat yang menyediakan wifi gratisan seperti cafe atau tempat-tempat perbelanjaan makanan lainnya. Tidak perlu sambil beli ayam atau cream soup (itu kemahalan), belilah minuman yang murah meriah dan gunakanlah wifi sepuas-pusanya. 

Atau bisa juga memakai wifi kampus, biasanya kampus juga menyediakan fasilitas ini untuk keperluan para mahasiswanya.

Yah mungkin itulah kira-kira beberapa tips yang saya sarankan, walaupun tidak seberapa tetapi mudah-mudahan bermanfaat. 

Jika ada masukkan lainnya silahkan tambahkan dikolom komentar.





sibyan Hallo... Terimakasih telah mampir, mari masuk... Saya kepengen jadi penulis, jadi saya kelola blog sederhana ini untuk latihan menulisnya. Jangan lupa tinggalkan jejak dikomentar ya, untuk memperbanyak tali persaudaraan. Have a nice day :)

0 Response to "INILAH 5 TIPS UNTUK KAMU YANG LAGI NGEKOST"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel